Susu Kambing Obat Thalassemia

Thalasemia atau anemia cooley awalnya ditemukan di daerah sekitar Laut Tengah yang kemudian menyebar sampai ke negara-negara di Asia. Penyakit yang merupakan penyakit herediter ini disertai dengan anemia hemolitik, yang kemudian disifatkan oleh kelainan pada tulang-tulang tertentu. Penyakit ini menyebabkan menebalnya tulang tengkorak serta terjadi osteoporosis pada tulang-tulang kaki dan tangan.

Pengobatan dengan melalui langkah-langkah medis biasanya dilakukan dengan memperbanyak konsumsi asam folat, serta lebih menghindari penggunaan obat-obatan yang di dalamnya mengandung zat besi serta pengoksidasi seperti misalnya sulfonamide.

Bagi penderita thalassemia yang mengalami stress atau dalam masa kehamilan, biasanya memerlukan transfuse darah. Bahkan apabila seseorang menderita thalassemia berat, ia harusĀ  menjalani perawatan transfuse darah secara rutin dan terjadwal. Selain itu, ia harus rutin mendapatkan asupan asam folat yang cukup.

Apabila penderita thalassemia mengalami pembesaran limpa yang terus meningkat akibat trasfusi darah, maka penderita harus mempertimbangkan untuk menjalani operasi limpa. Hal ini dilakukan sebagai upaya penyembuhan secara medis. Selain itu, penderita harus rutin menerima Deferoxamin sebagai upaya untuk mencegah hemosidero-sis terjadi.

Untuk saat ini, di dunia medis telah dikenal pengobatan thalassemia dengan melakukan transplantasi sumsum tulang allogenic. Hal ini dapat berdampak baik bagi anak-anak yang belum pernah mengalami kelebihan zat besi serta keracunan. Sehingga tubuh bisa bereaksi dengan cukup baik dan kemampuan hidup menjadi lebih panjang. Thalassemia

Selain menggunakan pengobatan secara medis, pengobatan thalasemia juga bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Salah satunya ialah dengan mengonsumsi susu kambing secara rutin. Hal ini dikarenakan susu kambing memiliki kadar zat besi yang cukup rendah. Dengan begitu pemberian susu kambing pada penderita thalasemia relatif lebih aman.

Tak hanya itu, penderita thalasemia juga membutuhkan asupan asam folat yang cukup. Karena asam folat mempunyai peran yang sangat penting untuk sintesis nucleid acid bases (RNA dan DNA). Rata-rata orang dewasa membutuhkan asam folat sebanyak 400 mcg dalam sehari. Sedangkan folacin yang terkandung dalam makanan sifatnya tidak stabil, bahkan kandungan folacin akan menghilang sebanyak 80-90% saat proses memasak. Itu berarti folacin yang tersisa hanya sekitar 4 mcg setiap harinya.

Setiap 1 liter susu kambing segar, terkandung 6 mcg folat. Itu berarti apabila seseorang mengonsumsi susu kambing sebanyak 150 cc setiap hari, ia akan mendapatkan kurang 1 mcg folacin. Selain susu kambing, terdapat beberapa makanan yang mengandung asam folat yang tinggi. Diantaranya ialah hati, daging, sayuran hijau, kacang yang mirip buncis, pisang, dan lain sebagainya.

Dengan mengonsumsi susu kambing secara rutin sebanyak 150 cc setiap hari, terbukti mampu membantu proses penyembuhan thalasemia. Oleh karena itu, susu kambing bisa menjadi solusi alternatif pengobatan thalasemia secara alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *