BANYAK MANFAAT MENGKONSUMSI MINUMAN SUSU KAMBING

Susu merupakan salah satu sumber utama kalsium yang dibutuhkan tubuh. Namun, jangan hanya terkhusus pada susu sapi mengingat susu kambing pun tak kalah banyak manfaatnya. Selain mengandung kalsium, susu kambing juga kaya antioksidan dan asam lemak baik, sehingga dapat mencukupi kebutuhan nutrisi.

 

Di samping itu, banyak kandungan nutrisi yang terdapat pada susu kambing sama dengan yang terdapat pada  (ASI) Air Susu Ibu. Susu kambing juga mempunyai  risiko  terkena alergi yang sedikit rendah  jika disbanding dengan  susu sapi. Ini karena susu kambing mengandung lebih sedikit senyawa kasein alpha 1  dari pada susu sapi yang merupakan salah satu penyebab  terjadinya reaksi alergi yang dialami tubuh.

BANYAK MANFAAT MENGKONSUMSI MINUMAN SUSU KAMBING

 

Dari kandungan nutrisi susu kambing, berikut beberapa manfaat susu kambing:

*Sumber Kalsium & Antioksidan

Seperti susu sapi, susu kambing juga kaya akan kalsium & fosfor yang bermanfaat bagi pembentukan tulang. Susu kambing juga mengandung zinc dan magnesium yang merupakan antioksidan dan untuk mencegah  terjadinya penyakit saraf.

*Mengobati  penyakit Anemia

mengkonsumsi susu kambing secara rutin dapat memperbaiki penyakit anemia. Ini karena susu kambing dapat meningkatkan zat besi yang diolah oleh tubuh serta merangsang pembaruan hemoglobin.

Berbeda dengan susu sapi, susu kambing menurunkan interaksi antara kalsium dan zat besi didalam tubuh. Interaksi kedua zat mineral tersebut mengakibatkan efek saling menghambat. Misalnya, kalsium dalam susu sapi dapat menurunkan penyerapan zat besi yang ada didalam tubuh.

*meningkatkan metabolisme tubuh

Susu kambing kaya akan senyawa yang mengandung gula sederhana. Dengan komposisi yang sama dengan ASI(Air Susu Ibu),senyawa oligosaccharides dari susu kambing berperan sebagai probiotik di tubuh kita. Senyawa ini mampu membersihkan usus besar dari jamur dan  sumber bakteri penyakit yang dihasilkan sisa makanan yang kita makan.

Mengandung Asam Lemak Baik untuk tubuh

Susu kambing mengandung asam lemak seperti linoleat & arakidonat yang lebih banyak dari pada susu sapi. Asam lemak ini adalah sumber energi yang cepat dibakar  tubuh dan tidak disimpan dalam tubuh sebagai lemak.

Lemak susu kambing dapat menurunkan kadar kolesterol total & menjaga kadar trigliserida. Ini membuat susu kambing menjadi pilihan  alternative sehat untuk mencegah penyakit jantung terjadi.

Susu kambing dapat dipertimbangkan sebagai minuman alami yang dapat dikonsumsi secara rutin oleh orang dewasa, terutama bagi mereka yang  mempunyai alergi pada susu sapi, memiliki gangguan penyerapan nutrisi atau malabsorption, memiliki kadar  kolesterol yang tinggi, anemia, atau osteoporosis.

Tetapi, secara umum mengkonsumsi minuman susu sapi dan susu kambing tidak direkomendasikan untuk bayi berusia di bawah 1 tahun. Hal ini karena pemberian susu selain ASI(Air Susu Ibu) pada bayi dapat meningkatkan risiko iritasi  pada usus dan  penyakit anemia. Konsultasikan pada dokter bila ingin memberikan susu selain ASI(Air Susu Ibu)pada anak terutama anak yang alergi terhadap susu formula berbahan dasar susu sapi atau kedelai.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *